Rabu, Januari 02, 2008

HEMAT ENERGI DARI SEKARANG ! (Bag.O2 )

Bagian ke – 2

KEBIASAAN HEMAT ENERGI DARI PRILAKU SEHARI – HARI





  1. Biasakan membersihkan bola lampu manakala telah menjadi kotor , karena bola lampu yang kotor / tertutup debu akan mengurangi terang cahayanya sampai dengan 10 % . Kalau pengalaman saya pribadi , bola lampu yang terdapat di area dapur dan kamar mandi akan menjadi lebih cepat kotor dibandingkan lampu yang ada diarea lain rumah kita .


  2. Selalu biasakan mematikan lampu jika ruangan tidak sedang dipergunakan. Matikan lampu ruangan anda jika anda merasa akan meninggalkan ruangan tersebut lebih dari 15 menit , selain menghemat energi listrik juga dapat memperpanjang usia pemakaian lampu anda.


  3. Jika suatu keperluan anda harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu cukup lama , gunakan timer atau photocell ( alat yang berfungsi sebagai saklar otomatis jika lingkungan sekitarnya mulai gelap ) untuk menghidup matikan lampu di halaman atau teras rumah anda . Ini selain untuk alasan penghematan energi juga untuk faktor keamanan rumah anda , karena orang –orang yang ingin berbuat tidak baik tidak akan menyangka rumah anda kosong.


  4. Kalau dirumah menggunakan AC , selalu bersihkan bagian filter dan evaporator AC anda secara rutin misalkan tiap 3 bulan sekali. Karena filter ataupun evaporator yang kotor akan memaksa AC anda mengkonsumsi listrik lebih banyak untuk mendinginkan ruangan anda.


  5. Betulkan segera semua kebocoran, baik itu instalasi air bersih , listrik atau gas.Karena pepatah sedikit demi sedikit lama – lama jadi bukit sangat berlaku di sini !


  6. Jika mandi , mulailah membiasakan diri menggunakan pancuran ( shower ) , karena konsumsi air untuk mandi dengan shower bisa dihemat sampai 50 % daripada mandi dengan gayung .


  7. Selalu matikan keran air setelah digunakan , jangan biarkan air terus mengucur . Karena ada sebagian orang yang membiarkan air keran washtafel terus mengucur padahal dia sedang menyikat giginya ? :-P


  8. Jika dirasa penggunaan air pada tangki kloset anda terlalu berlebih , anda bisa menempatkan botol minuman yang diisi air di alamnya , jadi isi tangki kloset anda akan berkurang sejumlah air yang ada di dalam botol tersebut.


  9. Gunakan baterai yang dapat di isi ulang kembali , karena baterai yang telah tidak terpakai dan di buang sembarangan mengandung unsur – unsur kimia yang mencemari lingkungan.


  10. Gunakan kertas pada kedua sisinya sampai habis untuk menulis , mencetak dan fotocopy .


  11. Kurangi penggunaan tissue , mengingat bahan dasar tissue dan kertas adalah sama maka akan lebih bijak jika kita mau menggunakan lap kain atau serbet yang jika kotor bisa dicuci dan dipakai berulang .


  12. Jangan masukkan makanan panas langsung ke dalam lemari es , karena akan memerlukan energi yang lebih banyak untuk mendinginkannya.


  13. Usahakan tidak membuka pintu lemari es terlalu lama agar dinginnya tidak “keluar” atau jangan membuka pintunya berkali – kali untuk mengambil bahan makanan . Jika anda sedang memasak , usahakan mengambil bahan masakan anda sekaligus jangan satu – satu .


  14. Aturlah suhu lemari es anda seperlunya saja , untuk area frezer ( kotak pembekunya ) suhunya cukup 0 sampai 5 derajat celcius , sedangkan untuk area simpan makanannya cukup 3 sampai 6 derajat celcius . Pengaturan suhu yang terlalu berlebihan ( terlalu dingin ) juga akan membuat makanan yang kita simpan menjadi rusak .


  15. Gunakan mesin cuci anda sesuai kapasitas cucinya , karena juga akan membuat mesin cuci anda lebih awet .


  16. Jika cuaca sedang cerah , bila anda punya mesin cuci coba pertimbangkan untuk tidak menggunakan mesin pengeringnya , selain menghemat listrik juga menghindari pakaian anda menjadi melar dan melilit satu dengan lainnya yang bisa membuat pakaian anda rusak.


Demikianlah hal – hal kecil yang jika bisa kita pakai sebagai kebiasaan kita sehari – hari akan memberikan efek penghematan yang sangat besar di rumah tangga kita masing masing . Saya percaya sesuatu yang besar itu harus dimulai dari yang kecil dan sepele dahulu , karena jika menunggu seluruh dunia bergerak untuk menghemat energi , tidak akan pernah ada ujungnya . Justru komitment individu lah yang akan menentukan keberhasilan gerakan ramah lingkungan ini.

Dimulai dari mengubah kebiasaan – kebiasaan kecil kita , jika semakin banyak yang meniru , dampaknya akan terus membesar , seperti bola salju yang menggelinding.
Semoga...

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day