Senin, April 20, 2009

BESAKIH : PANCA WALI KRAMA 2009

BESAKIH : BERKUNJUNG BERSAMA KELUARGA

Seperti judul pelajaran mengarang anak SD ya... ?
Yah papun itu akhirnya aku dan istri sampai juga di Pura Besakih untuk mengaturang bakti, serangkaian upacara besar Panca Wali Krama sampai dengan tanggal 24 April 09 ini.

Sebelumnya berita tentang ramainya pemedek yang tangkil ke Pura Besakih sempat membuat pesimis juga.Bayangin , katanya ada yang untuk sampai ke Besakih perlu waktu 1 hari, alias hari ini berangkat jam 7 pagi , terus tiba di rumah jam 5 pagi keesokan harinya ??

Dan di BaliPost tanggal 19 April diberitakan , terjadi kermacetan total di area kawasan Bukit Jambul. Bahkan banyak pemedek yang akhirnya memutuskan balik kembali pulang tanpa hasil, saking macetnya...

Tapi kemaren , berbekal rasa bahagia karena berangkat bersama keluarga ( rame - rame ) kita optimis aja berangkat ke Besakih. Menggunakan 2 unit Bus kapasitas 25 seat, aku sekeluarga berangkat sekitar jam 14:30 wita.

Di luar dugaan, kita lancar - lancar aja di perjalanan, tidak terkena macet sedikit pun, ya emang ada beberapa ruas yang agak tersendat. itupun sudah ada di Desa Besakih , tidak masalah , bisa
jalan cukup lancar . Kurang lebih 2 jam dah sampai di kawasan Parkir Dalem Puri.

Dari Dalem Puri menuju Pura Agung Besakih sekitar 2 kiloan lah, aku dan istri memutuskan untuk jalan kaki aja walaupun ojek bertebaran di mana mana . Ya hitung - hitung merasakan
perjuangan dahulu sebelum sembahyang.

Coba bayangin leluhur kita membangun pura itu dengan perjuangan yang seperti apa ya ?
Kita cuma jalan 2 kiloan aja ngak mau, ini juga sekalian menunjukkan kesungguhan rasa bakti kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Akhirnya 2 kilo nanjak ... lancar . Cemen lah ...
Kini menuju pedarman, walau sedikit bersesakan di tangga , bahkan sekitar 15 menit berjejalan , relatih lancar lah ...amaaaan.













Selesai di pedarman , saatnya menuju Penataran Agung....
Waaak , pemedeknya ternyata dah buaaaanyak buaaanget....
Sempat desak desakkan juga walaupun dengan kondisi yang kurang optimal menjalankan persembahyangan, karena sesak kiri sesak kanan. Tapi cukuplah lah, karena rasa bakti itu bagaimana kita bisa konsentrasi bersembahyang walau sejenak dengan kondisi yang apapun. Aku rasa fine fine aja....

Kini saatnya balik ke Bus....!
Santai sejenak sambil menunggu anggota rombongan yang lain, aku , tante , om , adik - adik beserta istri sempat beli sate di pinggir jalan. Nih fotonya..



Sampai di bus, bongkar pakaian dan perbekalan...
Makan bersama... kini tepat jam 8 malem balik ke Denpasar ....
aaaahhhh , capeknya .
Tapi senang dan kenyang....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day