Senin, Oktober 27, 2008

HARI SUMPAH PEMUDA , tinggal kenangan ...

Hari ini tepatnya 28 Oktober 2008 , bangsa ini sebenarnya memperingati hari sumpah pemuda yang dahulu di ucapkan oleh para pemuda kita di hari yang sama tahun 1928 tempoe doeloe !

Di kotaku , Denpasar , gelora hari sumpah pemuda aku tidak rasakan , baik di linkungan tempat tinggalku maupun di jalan - jalan umum seputar Denpasar.
Yah paling tidak mengibarkan bendera Merah Putih , ngak ada aku lihat . Hampir tidak ada sama sekali.

Yang merasakan paling tidak anak - anak sekolah , yang disuruh upacara bendera di halaman sekolah masing - masing , dan setelah itu udah deh ... bubar .

Sebenarnya yang aku inginkan adalah kita seluruh komponen bangsa ini lebih bisa memaknai kembali , apa sih maunya para pendahulu kita dulu meng ikrarkan janji SUMPAH PEMUDA itu ??

Coba aja lihat , beberapa hari yang lalu ada berita di TV para mahasiswa tawuran dengan mahasiswa lainnya , terus anak smp di jakarta ikut - ikutan tawuran di areal rel kereta api , tidak ketinggalan di Denpasar maupun di Bali sendiri sudah terlalu sering ada berita tawuran , baik anak sekolahan maupun warga banjar satu tawuran ama warga banjar lainnya memperebutkan tapal batas Desa ???!

Dimana semangat persatuan itu kini berada ?

Rasa Nasionalisme memang harus selalu diingatkan dan ditumbuhkan , karena generasi bangsa ini selalu akan baru dan lahir yang muda - muda , mereka ini tentu tidak akan bisa meresapi pahit getirnya perjuangan pada jaman kemerdekaan dulu. Sehingga kata Nasionalisme bagi para muda sekarang mungkin hanya sebatas pada sebuah slogan tanpa makna .
Jadi Pemerintah juga musti punya peranan yang penting untuk selalu menggelorakan rasa NAsionalisme kita dengan berbagai macam cara , tentu saja tidak perlu dengan kekerasan senjata , bukan jamannya lagi Nasionalisme itu di dapat dari ajang konfrontasi senjata ( tapi jika memang perlu kenapa tidak ? )

Mungkin dengan mendukung generasi muda agar bisa berprestasi di segala bidang sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia di Mata Internasional.
Seperti yang udah udah , olah raga salah satunya .
Dan tentunya juga di imbangi dengan reward yang setimpal , jangan waktu jaya aja di puja pas udah ngak bisa mengukir prestasi lalu dilupakan , terus terang bangsa ini aku amati memiliki kecenderungan cepat sekali melupakan ...
Apa karena sibuk dengan urusan perut ya , jadi tidak sempat mikirin yang lain ?

Jadi aku simpulkan untuk saat ini rasa Nasionalisme pemuda kita udah pudar , atau mungkin hilang sama sekali , coba aja pikir , rasa patriotisme dan nasionalisme sekaran bisa dibutakan oleh rasa satu superter sepak bola , rasa separtai politik , rasa sealiran agama ( FPI contohnya ) , rasa satu gank sekolahan ( genk nero mungkin ? dan genkgenk lainnya ).

Sehingga sedikit aja ada gesekan sudah bisa menimbulkan letupan kemarahan yang berujung kerusuhan maupun tawuran .

Coba , di hari sumpah pemuda tahun ini kita kembali merenung untuk mengambil hikmah dari tiap kata Sumpah Pemuda yang dulu terucapkan .
Bangsa ini udah tercabik cabik oleh Globalisasi jika kita di dalam tidak kuat bersatu padu , maka kita harus siap menerima kenyataan suatu saat negeri kita ini akan runtuh ditelan pesatnya Kapitalisme .
Silahkan saja jika itu yang kita mau ...

Tapi sebagai seorang cucu Veteran Kemerdekaan aku tetap meneriakkan MERDEKA ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day