Rabu, Desember 16, 2009

“Safety Riding” pada Situasi Khusus

Safety Riding berupa kewajiban penyalaan lampu kendaraan khususnya sepeda motor pada siang hari, menuai kontra. Kontra atas dasar efisiensi energi dan spare part sangat bisa diterima. Namun dalam rangka keselamatan pengendara,itu masih menjadi pertanyaan. Sampai saat ini, belum pernah saya dengar seberapa tingkat persentase kecelakaan sepeda motor akibat tidak menyalakan lampu di siang hari.

Sebuah iklan pernah saya baca, bahwa sebagian besar kecelakaan berkendaraan disebabkan oleh kelalaian dari pengendara. Berbicara kelalaian pengendara, berarti menyangkut aspek keterampilan serta pemahaman aturan. Terkait dengan itu, hal utama adalah kelayakan seseorang memiliki SIM, karena di sinilah kunci awal seseorang layak atau tidak mengendarai kendaraan. Semestinya, dengan memiliki SIM, berarti pula terampil dan paham terhadap aturan berlalu lintas. Sudahkah seperti itu ?

Dengan pemberian SIM yang diperketat dan selektif, maka kecelakaan dan kemacetan di jalan akan dapat dikurangi. Setiap pelanggaran ataupun kelalaian, sanksi utama harus ada pada kepemilikan SIM bukan pada sanksi denda.Safety Riding 3

Penerapan safety riding sebaiknya dilakukan pada kondisi dan situasi khusus dan atas dasar kesadaran pengendara, seperti pada jalan dua arah jalur cepat atau luar kota, pada kondisi cuaca mendung/hujan dan senja hari yang mana pengelihatan mulai kurang jelas. pasang tanda peringatan pada lokasi strategis, saya yakin makin lama pengendara akan menyadari perlunya safety riding . Sama halnya dengan penerapan pemakaian helm dan safety belt.

Pihak berwajib jangan menekankan pada sanksi pelanggarannya, yang membuat masyarakat cenderung kontra/kurang setuju.

 

Sumber : Surat Pembaca | Bali Post, Tgl: 15 Densember 2009

Oleh : Kt. Ariantana | Desa mas, Ubud, Gianyar

 

Posted by AMK using Windows Live Writer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day