Senin, Maret 14, 2011

Tsunami Jepang 2011

Kejadian Tsunami yang melanda Jepang Jumat siang waktu setempat ( 11 Maret 2011 ), mengingatkan kita akan musibah serupa yang pernah terjadi di tanah air beberapa tahun yang lalu. Gelombang pasang tsunami yang menyapu kawasan pantai utara Jepang memiliki ketinggian berkisar antara 4 sampai dengan 10 meter, telah memporak – porandakan semua kawasan yang dilaluinya.

Sampai dengan tulisan ini saya posting , diberitakan tsunami Jepang telah menelan korban sampai menembus angka 300 orang dan itu sedang terus berkembang. Walaupun dikabarkan pemerintah Jepang telah berpengalaman menghadapi bencana gempa dan siaga terhadap bahaya tsunami yang sering kali bisa menyertainya, tak ayal kerugian terhadap wilayah yang diterjang tsunami tidak terkira jumlahnya.

Kejadian tsunami Jepang terjadi pada hari Jumat tanggal 11 Maret 2011. Gempa yang melanda pukul 02:46 itu diikuti oleh serangkaian gempa susulan, termasuk satu gempa 7.4 SR sekitar 30 menit kemudian. US Geological Survey memperbarui kekuatan gempa pertama yang berkekuatan 8,8 SR menjadi 8,9 SR.

Gelombang tsunami menyusul datang kemudian sekitar kurang lebih 30 menit, hal itu adalah wajar mengingat lokasi tepat dari kejadian gempa yang mengakibatkan tsunami berada di Lokasi: 38,49LU-142,79BT, Kedalaman: 44km, Posisi: 144km tenggara Ofunato, 145km tenggara Kesennuma, 148km tenggara Kamaishi, 158 km tenggara Otsuchi, 165km timur laut Ishinomaki ( kurang lebih 450 km timur laut Tokyo, ibu kota Jepang ).


Semoga ini adalah bencana besar terakhir yang menguncang bumi kita ini dan semoga seluruh rakyat Jepang bisa kembali bangkit membangun wilayah bencana seperti semula serta bagi para keluarga korban bencana tsunami diberikan kekuatan untuk melalui bencana ini dengan tabah.


Amin ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day