Minggu, Maret 20, 2011

Bagaimana gempa bisa menyebabkan tsunami yang dahsyat ?

Sebagai orang awam tentu kita semua bertanya – tanya , bagaimana gempa di laut bisa menghasilkan tsunami yang maha dahsyat seperti yang menimpa Jepang baru – baru ini?

Baiklah, sebagai orang awam sangat wajar jika kita bertanya seperti itu. Saya akan berusaha menjelaskan sedikit dengan cara sesederhana mungkin yang bisa saya jelaskan.

Setelah kejadian gempa yang memungkinkan terjadinya tsunami terjadi ( seperti yang saya jelaskan di postingan terdahulu ). Maka tenaga / energi yang dikandung oleh gelombang laut akibat gempa tektonik yang terjadi adalah tetap terhadap kecepatan dan tinggi gelombangnya. Ini mengacu pada hukum kekekalan energi. Misalkan energi gelombang adalah E, kecepatan rambat gelombang adalah K dan ketinggian gelombang adalah G maka dapat diformulasikan secara sederhana : E = K x G

Oleh sebab itu konon kecepatan gelombang akibat gempa di laut dalam bisa mencapai 500 – 1000 km/jam. Walaupun tinggi riak gelombang hanya 1 meter ataupun bahkan naik “cuma" beberapa puluh sentimeter saja. Oleh sebab itu, sangat mungkin jika ada kapal laut yang ada di tengah laut maka mereka tidak akan merasakan laju gelombang tsunami yang terjadi, bahkan bisa saja mereka tidak akan pernah tahu jika sedang terjadi tsunami sampai mereka kembali ke darat atau mendapat kabar.

Pada saat hampir mencapai garis pantai kecepatan gelombang “memang” akan jauh berkurang ( mungkin bisa cuma 30 - 50 km/jam ), tetapi jangan salah, mengacu pada rumus sederhana di atas maka variabel G atau tinggi gelombang akan meningkat menjadi gelombang raksasa yang kita sebut sebagai tsunami yang siap menyapu semua yang ada di depannya.

Secara sederhana getaran gelombang tsunami itu sama seperti riak air dalam ember / kolam air , ketika kita melempar batu ke dalamnya. Kurang lebih seperti itu.

Untuk lebih jelasnya ilustrasi gambar berikut mungkin bisa membantu menjelaskan :






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day