Rabu, Maret 16, 2011

Apakah setiap gempa bisa menimbulkan tsunami seperti di Jepang ?

Tentu saja pertanyaan diatas jawabannya adalah tidak. Buktinya adalah jumlah gempa yang terjadi atau yang kita alami jauh lebih banyak daripada jumlah tsunami yang terjadi seperti tsunami jepang 2011 tempo hari.

Untuk membuat suatu gempa bisa berpotensi menimbulkan gelombang tsunami, maka di perlukan persyaratan sebagai berikut :

1) Yang paling pertama, tentu saja gempa itu harus terjadi di laut. Paling tidak gempa bumi tersebut berpusat di tengah laut dan dangkal (0 - 30 km). Sumber lain menyebutkan bahkan sampai berjarak 60 km.

2) Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami seperti tsunami di Jepang atau di Aceh.

3) Gerakan gempa yang berpotensi menimbulkan tsunami juga tidak sembarangan. Seperti bernyanyi, joged ngak bisa sembarangan. Ada goyang ngebor, ada juga goyang gergaji (^^). Nah gerakan gempa secara vertikal lah yang sangat berpotensi menyebabkan tsunami, gempa semacam ini sering juga disebut gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun. Hal inilah yang terjadi pada tsunami Jepang kemaren. Seperti kita ketahui bahwa permukaan bumi tersusun atas bongkahan daratan raksasa yang disebut lempeng tektonik. Lempeng ini berada di atas lapisan besar batu panas yang disebut mantel. Lempeng selalu bergerak sepanjang waktu. Pada garis batas antar lempeng terjadi pendorongan, pergesekan, atau tumbukan frontal. Sehingga tsunami itu terjadi.

4) Dan yang paling penting untuk dipahami. Semua gempa seperti yang saya jelaskan di atas tidak akan menimbulkan tsunami yang dahsyat apabila kekuatannya kurang dari 6,0 Skala Richter. Untuk dapat menimbulkan tsunami yang dahyat, kekuatan gempa setidaknya harus berada diatas 6,5 Skala Richter.


Oleh dari pada itu, sedari dini kenali tsunami dengan baik. Potensi & gejala tsunami itu seperti apa. Jangan mudah panik atau dihasut orang yang tidak bertanggung jawab namun jangan lupa untuk tetap waspada. Semoga kita semua dijauhkan dari segala mara bahaya dimanapun kita semua berada.

Amin …


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day