Kamis, November 14, 2013

Vario Techno 125 F1, boros lampu dan boros aki pula ?

Entah kenapa aki vario techno cbs 125 kok mati mendadak ya? Apakah akinya tidak mampu menyimpan setrum yang dihasilkan spul pada saat motor dipakai?

Hari ini aku kena "musibah" pada motor vario techno cbs 125 ku, motor ini adalah motor "dinas" yang selalu aku pakai untuk beraktifitas tiap hari dalam bekerja maupun urusan keluarga.

Kenapa?
Tiba - tiba saja ngak ada angin ngak ada hujan motor ini ngak bisa dihidupkan pake elektrik stater karena ngak ada setrum yang masuk. Artinya kalo kunci kontak motor vario techno di putar di posisi on jarum speedometer  ngak gerak dan odometer ngak nyala...

Keruan aja aku bingung padahal vario techno barusan aku pake untuk ke Nusa dua biasa aja bisa distater normal dengan elektric stater, pas mau pulang kembali ke Denpasar kok udah total blackout gini ??

Ndak ada gejala aki soak gitu??
Kalo motor lainnya pada umumnya kan ada gejala aki soak, seperti motor stater mau muter tapi ngak mampu buat motor hidup, atau kedipan lampu sein yang redup kek gitu, jadi aku kan bisa tau...

Ini ngak sama sekali! Langsung mampus...

Motor ini aku beli baru dan saat ini angka odometer menunjukkan kisaran 28 ribu km. Apakah aki kering / aki MF ini emang benar tidak bisa disetrum?

Tapi aku coba ngak panik, aku standar motor, lalu kunci kontak di "on" kan, aku coba stater dengan stater kaki... nah motor mau hidup, terpaksa aku kendarai aja pulang ke Denpasar dari Nusa Dua. Padahal setahu aku, kondisi begini ngak boleh terjadi di motor injeksi yang mana pasti punya ECU sebagai otak mesinnya. Biasa rusak juga ECU Vario ini semestinya.

Pas malem hari saat ktemu temen - temen di lapangan bulutangkis,semua teman yang aku tanya bilang rata - rata umur aki kering / aki MF emang sekitar 2 tahun, dan kalau udah 2 tahun ya... memang akan langsung mati.

Apa benar begitu?
Trus gimana dengan kemampuan motor vario techno untuk mengisi aki sendiri disaat digunakan?? ( ada sepul dan ada kiprok?? )
Apakah sistem iningak berfungsi di aki MF?
Atau Sistem ini ngak berfungsi di motor vario techno 125?
Atau cuma sistem pengisian aki di motor ngak berfungsi ??

Atau.... ini adalah akibat dari kebijakan safety riding yang mana mengharuskan kita menghidupkan lampu siang - siang ?

Duh jadi mumet padahal umur motor vario 125 ku terbilang baru, aku beli bulan Mei 2012 dan sekarang kira - kira baru berumur 1 tahun 6 bulan ( 28 ribuan km ) padahal aki MF juga harganya ngak bisa dibilang murah.

Biarlah besok pagi akan aku bawa ke rumah sakit ..ehh jadi salah... ke bengkel maksudnya :(

4 komentar:

  1. terus kata bengkelnya penyakitnya apa gan dan kena biaya berapa? kebetulan motor ane ngalamin hal yg sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahhh pasrah aja mas Qinos Panji, kebanyakan katanya emang gitu tuh aki MF, ada batas umur pakainya...ngak memuaskan memang jawaban dan infonya, tapi kaya gitu faktanya seperti bahasan di postingan saya berikut ini:http://krisnabali.blogspot.com/2013/11/aki-vario-techno-125-f1-itu-harus-ganti.html

      Hapus
  2. Maaf mas...motor saya sy jg tadi siang pas lg jln tiba" mati...kebingungan stengah jam..distarter hidup lg...kt orang" sensor nya hrus diliat dibngkel resmi....apanya ya kira" kalias tau

    BalasHapus
  3. Ternyata aku g sendirian yg pusing,motor vario saya jg dah tiga kali ganti aki. Mana baru semua eh rata rata paling bertahan satu tahun,pusingkan?!....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day