Senin, November 18, 2013

Aki Vario Techno 125 F1 itu harus ganti tiap 2 tahun sekali?

Akhirnya setelah kejadian aki motor mati seperti tulisanku di sini, maka hari ini motor tak bawa ke bengkel AHASS jalan Hasanudin Denpasar.

Karena begitu penasaran aku menyempatkan diri ngobrol ama mekanik kepercayaanku, dan jawaban yang aku dapatkan adalah sebenarnya diluar harapanku. Menurut Made salah seorang mekanik kepercayaanku, aki MF itu memang seperti itu, umurnya maksimal ada direntang 1 setengah tahun sampai 2 tahun ( max) maka akan minta diganti baru.

Yang membuat aku heran kan, katanya di motor ada sistem pengisian ulang dari spul,kiprok dll? 
Mekanik juga meng-iyakan pertanyaanku, trus kenapa akinya ngak mau nyimpen setrum??

Seperti diketahui oleh teman semua, motor Vario Techno 125 F1 aku kendarai tiap hari minimal 8 s/d 10 kilometer, jadi ngak ada alasan aki MF ini jadi soak kan?
Karena mekanik yang menangani motor ku hari ini mencoba untuk nyetrum ulang akinya, tapi katanya udah ngak bisa nyimpen lagi alias rusak.
Wedewww... jadi pengen nangis rasanya.

Namun aku cermati aki yang rusak itu di bodynya tertera keterangan sbb :
***********************************************
JANGAN DIBUKA
Battery ini telah diisi dengan elektrolit. Jika tegangan terbuka dibawah 12,4 Volt, Battery ini perlu di Stroom kembali.
***********************************************
 
Nah ini artinya aki MF itu bisa di stroom kan?
Banyak orang bilang kalo aki MF ngak bisa di stroom lagi. Menurutku semestinya BISA! asal kita tahu berapa tegangan yang terjadi di aki kita, alias tidak boleh kurang dari 12,4 volt. Sesuai petunjuk yang tertera
di body aki tersebut.

Masalahnya motor produksi sekarang ngak ada yang menyertakan alat ini di motor alias tidak ada motor produksi sekarang yang diisi Volt meter!

Apakah alat voltmeter ini mahal sekali?
Semestinya TIDAK , aku rasa jika pihak pabrikan mau memasang pada tiap motor yang diproduksi make aki MF harganya mungkin ngak akan mahal, maximal di rentang 50 rb sampai 100 ribu. Karena jika kita tanya di toko asesoris motor , volt meter merk KOSO itu dijual direntang 250 rb terpasang.

Yah yang namanya bisnis tetap bisnis, jika keuntungan di bagian penjualan sparepart ( aki MF ) bisa di dapat buat apa diisi voltmeter segala?
Padahal aki MF itu ngak terbilang murah harganya, kmaren aja aku kena Rp 235 ribu buat ganti aki MF di motor Vario Techno 125 F1 milikku.

Hayo ngimana nih Honda Indonesia, apakah opini saya ini benar adanya, mohon pencerahannya.



66 komentar:

  1. Sama nih, saya org semarang juga barusan ganti aki Vario Techno 125 PGMFI padahal saya beli Vario itu bulan Juni 2012, tiap hari saya pakai muter2 dlm kota dan cuma saya pakai keluar kota (tegal) 1 kali bahkan kilometernya blm sampai 10rb km. Lha kok kemaren tiba2 aja ga bisa distarter, saya bawa ke bengkel honda AHASS katanya ga bisa distroom dan harus ganti baru. Saya kena 255rb buat ganti aki T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiks ternyata saya tak menderita sendirian... (*_*)

      Hapus
    2. Kemarin juga begitu, tapi aku pikir memang jarak tempuh tiap hari saya lebih dari jauh. Rata2 70km an tiap hari. Karena saya tinggal di pinggiran kota Surabaya. Bahan aki sekarang tidak sebagus aki yang sudah2. Yah semua ada untung dan ruginya.

      Hapus
    3. Berarti klo aki ny mati otomatis motor jg mati ya di kick starter jg ga bisa sma sekali

      Hapus
    4. Bila aki mati, motor vario techno nya masih bisa hidup dengan kick stater, cuma dari teman mekanik kenalan saya menyarankan tidak dibiarkan terlalu lama, alias segera diganti akinya. Takutnya merembet kerusakan ke ECU nya...

      Hapus
  2. Saya jg, km 20 ribuan. Hampir 2 tahun. Motor gak bisa di starter, harus pake kick starter. capek deh. Tanya di toko harga aki 250 rb. Iseng iseng saya buka akinya, ternyata air akinya habis/kering. Kemudian saya isi dengan air dari waterpurifier, aki dipasang. Motor buat jalan jalan, eh ternyata bisa di starter...tapi gak tahu akan bertahan berapa lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah aki kering bisa dibuka ya. Gimana caranya gan? Coba di bagi sapa tau bermanfaat buat kita semua. Karena saya dirumah ada 3 ekor bangkai aki kering nih...thx

      Hapus
    2. emang aki kering bisa di isi???

      Hapus
    3. Maaf, beliau mungkin gagal fokus. Yang dimaksud mungkin aki biasa.
      Mengenai varionya, alhamdulillah sudah hampir lebih dari dua setengah tahun belum rewel. Tapi siap-siap saja.
      Dan menurut saya, semua tergantung perawatan, pemakaian dan "takdir".
      Peace.

      Hapus
  3. Saya jg, km 20 ribuan. Hampir 2 tahun. Motor gak bisa di starter, harus pake kick starter. capek deh. Tanya di toko harga aki 250 rb. Iseng iseng saya buka akinya, ternyata air akinya habis/kering. Kemudian saya isi dengan air dari waterpurifier, aki dipasang. Motor buat jalan jalan, eh ternyata bisa di starter...tapi gak tahu akan bertahan berapa lama. Yogyakarta

    BalasHapus
  4. 14rb KM, ganti aki 270rb + biaya pasang 2rb. Hufftttt.

    BalasHapus
  5. saya beli vario techno 125 PGMFI april 2012, aki mati april 2014. tiap hari berkendara lebih dari 10 km. sudah 5 kali menempuh perjalanan jauh bolak balik sumbawa-mataram (kira2 150km). tapi harga aki di sini mencapai 273rb.

    BalasHapus
  6. hari ini ane juga ganti aki untuk vario techno 125 kena 280rb om.. padahal baru maret 2013 itu... ga bisa di starter, di strom dah ga mempan... KM baru 8557.8

    BalasHapus
  7. Kemarin sore motor gk bs d starter, pagi ini keliling ke 3 AHASS pwt, stok habis, bengkel paling besar juga gak ada stok,,

    BalasHapus
  8. Kayaknya hari ni saya bakal menyusul gan,...Posisi ane di smrg,..mtor udah 30000km lbh dkit usia pembelian Nov 2012..kemaren Meninggal akinya teman",..Innalillah...sekarang msh aku diemin,..belom sempet aku urus karena biaya Kematiannya mahal,..haduuhhhhh,..Ada solusi aki yg lebih joss ndak untuk kedepan gan,...salam VARIO 125.....wanthufaiv

    BalasHapus
  9. haduhh...samaaa semua yang sodara-sodara tulis...saya juga harus ganti aki untuk motor kesayanganku ini......gimana nih...masa spull kiproknya cuma buat pajangan doangan ga bisa berguna u aki...

    BalasHapus
  10. Motor saya baru mati nih, 14 km. Gabisa di starter. Mau nanya kalo motor gini diganti di bengkel biasa bukan resmi berapa harganya? motor saya juga Vario techno 125 PGM-FI

    BalasHapus
  11. kemarin saya mengalami hal yg sama, dan isi dgn air accu, kemudian hidupkan kendaraan 1.5 jam dgn sikring lampu head dilepas. Saat ini kondisi sudah normal kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagi yang punya masalah sama bisa dicoba nih triknya...

      Hapus
  12. Vario sy beli baru bln juli 2012... setahun kemudian sekitar agustus 2013 aki soak dan ganti baru wktu itu hrga masih 200rb (sbaya).
    Lah ini skrg, bulan juli 2014 sdh sowak lagi?????
    Yo'opo ngene iki? pabrikan Honda ni niat mateni konsumen tah yo'opo?
    ngajak mlarat dadakno? katanya canggih technologi tpi boros di aki...hadeh...

    BalasHapus
  13. Bro, tempat saya vario 125 sdh 26bln km nya 31668. Nah aki nya dah mulai bermslh nih, kalo stater tngn msih bisa tp kalo lampu udah redup dan klakson variasi dah mati, tp kadang juga klakson bisa hidup ... nah mnrt mas bro smua, kalo nih aki di setrum kira2 msih bisa ga ya? Mslh nya blm ada uang buat gnti aki
    tks saya tunggu balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau melihat dari ketentuan yang tertera pada kemasan akinya sendiri, saya rasa bisa bos, coba cek dulu tegangan akinya, minta bantuan tukang stroom aki, nanti bisa dilihat apa memungkinkan untuk di setroom atau tidak....

      Hapus
  14. Vario tekno saya AKI nya cuman bertahan 6 bulan.. Bayangkan Motor Baru buka bungkus Akinya hanya bertahan 6 bulan, saya kirain ada teknisi yg nakalan dg mengganti AKI bekas dimotor saya.. Ehh gak tahunya memang AKI motornya yg memble.. Ayo yg suka modifikasi sepertinya pabriknya sdh nyerah tuh..

    BalasHapus
  15. Ini adalah salah satu alasan saya menjual unit VArio milik saya, dari awal sampai akhirnya dijual saya pake tepat 2 tahun. Saya mengambil "kembali" Unit Vario produksi 2014, katanya menurut info yg sempat dimuat di tabloid telah ada penyempurnaan. Salah satunya adalah masalah boros aki ini, entahlah? mudah mudahan benar pilihan/keputusan saya. (^_^)
    http://krisnabali.blogspot.com/2014/08/my-honda-vario-terbaru-2014-review.html

    BalasHapus
  16. vario saya sudah 2 tahun km 43rb, belum ganti busi dan aki, sekarang saklar untuk lampu dekat kadang susah untuk hidup, sialnya pas dibawa ke bengkel malah normal. tapi kalo dari lampu masih terang dari depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah saklar lampu yang rewel mungkin solusi terbaik adalah minta ganti tuh, tapi sebelumnya coba di bersihkan dengan semprot WD dahulu mungkin aja kotor, tapi kalo tak mempan rasanya saklar memang masalah.
      Karena beberapa kasus pernah terjadi saklar menjadi panas akibat lampu on terus sehingga beberapa komponen di dalamnya hangus dan tidak lancar. Coba deh di cek satu satu...
      Moga bisa normal lagi saklarnya ya bro ...

      Hapus
  17. Hari ini saya baru ganti aki untuk vario techno keluaran 2010, pemakain baru 6000 km karena memang jarang dipakai, hanya untuk keperluan dikomplek rumah.

    BalasHapus
  18. Saudara-saudara sekalian vario techno 125, saya di kilometer 9650 atau 1th 1/2. aki mak pes...alias modir.. Keluhan sama seperti penulis diatas

    Tolong Pabrik, di improve ini design, agar komsumen tenang berkendara. kalau rusak/soak, ya pasti...tapi mbok jangan terlalu dini...ya brik, ya...monggo pikirkan produk bagus, agar indonesia Jaya.


    BalasHapus
  19. Saudara sekalian Saya juga mengalami hal sama soak aki. di km 9650 atau 1.5 th pemakaian
    Pihak Pabrik monggo di improve ini aki. soak/mati pasti tapi mbok jangan terlalu dini...agar indonesia hebat...yooo.

    BalasHapus
  20. pagi tadi sy jg harus mengganti aki.tunggangan sy.wow...295ribu...(pdhal tanggal tua begini).mtr sy vario techno pgm thn 2012 bln september...jd 2 thn lebih sbulan baru ganti.

    BalasHapus
  21. Vario fi 125 saya ganti aki ..kena 280 di bengkel astra ..jalan lemah abang cikarang

    BalasHapus
  22. Wah ternyata sdh bnyk kejadian yg dialami tmn2 tentang mslh AKI. Hari ini sy jg bru ganti AKI Vario Techno 125 PGM-FI, padahal tuh motor bru sy pke 1 tahun 4 bulan....
    Hadeeeeeeuh... untuk kedepannya jdi ragu sama produk HONDA

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya juga ragu sama produk honda setelah kejadian aki musti ganti ini. harganya 275 tapi stock nya kagak ada, sudah mahal, part" untuk vario wtf ini pun sering kosong. hmm
      vario wtf cukup mengecewakan. rencana sih mau dijual

      Hapus
  23. waduh,. saya sepertinya besok akan segera menyusul ganti aki nih,. tadi kebengkel udah tanya harga 267rb di tangerang tapi belum sempat ganti karena udah kesorean udah mau tutup ahass nya,. pemakaian 15rb kilometer,. beli bulan juli 2013,. payah juga ya kalo 2 taun sekali harus ganti aki., ah,. motor kesayangan,. -__-

    BalasHapus
  24. Kmarin tiba2 Vario 125 F1 saya gak bisa pakai elektrik starter. Sudah dipastikan harus ganti aki, karena pakai kick starter bisa T.T
    Rata2 habis 270-280 ribuan ya buat ganti akinya. Umur aki sudah 2.5 tahun.

    BalasHapus
  25. Aki original dari motor vario techno 110 bertahan 3 tahun, berikutnya cuma 1 tahun.. Apes?? bukan! tapi emang motor nya yang payah..

    BalasHapus
  26. Tadi pagi saya dorong Vario 125 saya.... gara2 aki mati..... giliran sekarng mauvtak bawa ke bengkel motor bisa di syarter lagi .. jadi binggung mau diganti takut masih bagus , ngak diganti takut dorong lagi.... motor saya pas 1.5Tahun... menurut teman2 bagaimana nih....

    BalasHapus
  27. saya juga baru pagi ini ganti aki vario techno 125 ini, gejala-gejala kematian mirip sama penulis. 275rb di AHASS Tanjung Duren. Berarti Aki yang lama bisa di setrum ya untuk cadangan/back up?

    sama mau tanya satu lagi, kalau aki hanya tidak kuat starter, tapi fungsi lain seperti lampu (head lamp, sen, rem), klakson masih normal, apakah memang karena akinya soak?
    ataukah ada penyebab lain?

    terima kasih. :)

    BalasHapus
  28. kenapa aki cepat soak? sifat alami aki lead acid calcium memang seperti itu. arus ideal yang masuk ke aki tidak boleh lebih dari 0.25-0.3 ampere( lihat casing baterai). sedang arus dari spool 3-7ampere. karena konsumsi normal vario 125 antara 5-6 ampere untuk lampu lampu, ecu, mesin dll. meski ada kiprox regulator dll. hal itu tidak bisa membatasi arus yang masuk ke aki. mau tidak mau, bisa tidak bisa, pemilik motor memang harus menerima umur aki tidak selama yang diinginkan. kalau posisi kisanak diseputaran banjarbaru kalsel, hanya dengan 75rb dapat aki revived. aki yang sudah dinormalkan cell cellnya.

    BalasHapus
  29. baru 2thn sudah ganti aki 2x sekarang mau yg ketiga kali nya,apesss... mtr saya vario techno 125

    BalasHapus
  30. baru 2thn udah ganti aki 2x, nah sekarng mau ganti lagi untuk yg ketiga kali nya.. apeesssss.... mtr saya vario techno 125

    BalasHapus
  31. AKI VARIO 125 bisa diisi ulang pake air aki (bulan acuzur), buka saja penutupnya pake obeng (penutup plastik), akan ada 6 lubang tertutup karet, isi dengan air aki 40cc (pakai suntik tinta printer), trus dicharge lagi, semoga bisa, sudah saya buktikan, smoga bermanfaat

    BalasHapus
  32. Saya jg sependapat tu.. saya pernah ukur voltage yang masuk ke accu, teg masuk saat tidak ditarik gas 13.47v, saat tak tarik gas cmn 3.5v,, apa itu yg buat accu jd kurang strum.. apa mungkin wkt gas ditarik voltasenya terbagi? Bingung jdnya..

    BalasHapus
  33. Sama gan. Motor ku vario 125 PGM FI. Baru 7000km aki udh soak di tambah indikator MIL nya kuning. Kmren tiba2 aja ga isa di electric stater harus genjot. Trs di coba bawa ke ahass suruh ganti aki. Tp blm ak ganti. Ak coba chas aki nya bertahan cuma semalem. Njiiiir bener..

    BalasHapus
  34. mahal amat aki gs ...nya vario .. saya jual 216.500 alamat kopo katapang kab bandung

    BalasHapus
  35. Lapor gan, vario cbs fi 2013 okt, mati akinya september 2015. Ganti pake merk dan tipe persis di bengkel langganan 250rb, kelistrikan msh full standar semua, km 5890

    BalasHapus
  36. Sama dengan kejadian minggu lalu yg sy alami. Tiba2 vario techo 125 ISS sy ga bs pke electric starter, dan akhirnya hrs mnt tlg bantuan org utk kick starter krn sungguh berat motor ini. Dibawa ke bengkel dan akinya harus diganti, jenis aki gtz6v (12V,5A) harga 267rb. Tp setelah nyari2 di toko aki lain utk seri itu harga 240rb, oleh teknisinya disaranin pake yg gtz7s dengan ampere lebih tinggi (12V,6A) seoga bs bertahan lebih lama. Vario sy sdh 2 tahun (beli bln agustus th 2013)

    BalasHapus
  37. Vario 125 saya Jan 2013, Nov 2014 aki mati trs diganti, Feb 2016 aki mati lg dan harus ganti lg.
    Memang benar umur aki Vario 125 berthan hanya 1 - 2 tahun saja.
    Berbeda dengan vario saya sebelumnya (vario tahun 2006)
    Tahun 2011 aki mati trs saya ganti, selang 3 bulan aki mati lg, ternyata masalah ada di kiprok, setah kiprok diganti, sampai sekarang belum ganti aki lg.

    BalasHapus
  38. Makanya jangan beli vario..., beli honda grand ajah.., mudah perawatan. aki mati ga masalah...

    BalasHapus
  39. Kalau masalahnya di clakson aja gimana bos ya . semuanya msh bisa tpi di belnya (clakson) itu ndk bunyi sempurna

    BalasHapus
  40. Semua keluhan kayaknya sama, aq sih sdh ganti 2X, sekarang jg sdh rada soak akhirnya headlampnya aq beri switc/saklar aq nyalakan bila diperlukan
    Lumayanlah sdh enggak ngekick lagi tapi gak tau smpai kapan, ini sdh 2bln
    Hehehe... Smoga manfaat!

    BalasHapus
  41. Semua keluhan sama, aq sdh ganti 2X terhitung mulai 2012, skarang sdh agak soak lagi, kick starter tiap kali mau jalan
    Akhirnya aq coba² beri swicth/saklar pada headlampnya dinyalakan bila diperlukan lumayan hasilnya sdh gak ngekick lagi tapi gak tau sampai kapan? Hehehe..

    BalasHapus
  42. vario 125 saya beli okt 2013 dan udah jalan 42rb kilo, baru sekarang mati.... udah gak bisa di starter...harus di kick starter haduhh(-__-)harus ganti aki ($_$)

    BalasHapus
  43. vario 125 saya beli bln oktober 2013 dan udah jalan 42rb kilo dan sekarang udah gak bisa di starter biasa...(-___-)
    jadi harus di kick starter baru bisa nyala....
    blm saya bawa ke ahass.... tp kira kira akinya yg udah rusak apa sepullnya yh???

    BalasHapus
  44. sbenarnya bkan sbagian bsar mslah di aki, sbb utk produksi motor skarng sdah menggunakn technologi injection, yg trnyata system ini lbih bnyk mnggunakan pasokan strum aki, tp sayangnya utk technologi smacam ini kbanyakn masih pnggunakn system pengisian aki HALFWAVE (stengah pengisian trbuang kmasa ) jd wjar aki cpet soak..

    BalasHapus
  45. saya juga mengalami hal yang serupa..
    motor saya sudah saya gunakan selama 1 tahun 11 bulan ..
    dan belum pernah mengalami sdkitpun masalah pada batre dan gejalanya pun tidak ada..
    tapi gk tau knapa tiba tiba saat pagi bgitu dhdupkan kunci kontak spedometernya gak aktif smua ..
    apa itu pengaruh dengan batrenya..
    Mhon pnjlasanya..
    trimakasih

    BalasHapus
  46. Ternyata banyak yg senasib..😂😂😂
    Aki kudu diganti..
    Lampu sering mati..
    Ganti kiri, besoknya kanan mati, ganti kanan, besoknya kiri mati..
    CVT juga barusan ganti..
    Hahahaa. Sedih.

    BalasHapus
  47. 😢😢😢
    Ternyata nasibnya sama yaa..
    Aki soak trs,
    Lampu ganti trs,
    Cvt ganti juga..
    Hahahaha..sedih

    BalasHapus
  48. Vario techno125 PGMFI saya beli bulan juli th 2013 bro ,,,, sekarang masuk juli 2016 di kilometer 32.745,,, trnyata sudah mulai rewel ,,, tetapi dr ulasan di atas termasuk panjang umur yaaa ,,,, yaa sdh legowo saja , makhluk hidup aja punya batas hidup nya ,,, trpaksa lah sudah ,,, hrs di ganti cari accu yg baru ,,,, piss.

    BalasHapus
  49. Saya pke Vario tehcno PGMFI juli 2013 masuk juli 2016 sudah mulai rewel saat di starter ,,, brarti kaitan nya dg aki ,,, dr ulasan di atas brarti aki saya masih termasuk punya umur panjang ,, yaa sdh legowo saja ,,, makhluk hidup saja ada batas hidupnya ,,,, ending nya ganti dech beli aki baru ,,,

    BalasHapus
  50. Kenapa vario tekno saya kok gak bisa di stater elektrik di engkol juga gak bisa ya tpi lampu injek.nya kedip"..mohon bantuan.nya om"

    BalasHapus
  51. Mau tanya dong om" kalau aki.nya soak di engkol gak mau hidup juga trus lampu injek.nya kedip" itu kendala di apa.a ya

    BalasHapus
  52. Vario q bln 12 2012
    Baru 1x ganti aki,lampu2 normal,km 60rban sering pp dps-jember,mungkin lagi dapat spek aki ny yg bagus

    BalasHapus
  53. Vario q bln 12 2012
    Km 60rban baru 1x ganti aki ,trip pp denpasar - jember ,lampu2 normal smua cm modif lampu dpn jadi manual,mungkin lagi dapat spek aki yang bagus.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day