Rabu, Oktober 24, 2012

Vario Techno 125 F1 Modifikasi ( Tulisan ke 2 )


Akhirnya modifikasi pada Vario Techno 125 F1 milikku kini menyentuh sektor kaki – kaki. Seperti yang pernah aku utarakan pada tulisan terdahulu, pingin mengganti velk castwheel nya menjadi velk spokewheel ( velk jeruji ).


Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk memangkas bobot. Dengan bobot yang lebih ringan aku berharap akselerasi motor jadi lebih ringan. Rencana awal mau pake Velk merk CHAMP, tapi pas aku cari ke beberapa bengkel area Denpasar ngak ada yang punya ukuran standar, kebanyakan ukuran ban lebar.

Selidik punya selidik, menurut Ryan ( ABOBEN ) velk CHAMP bermasalah dalam konstruksi velk nya, susah nyetel velk nya, bakalan oleng, karena dia sering ngalami complain kaya gitu. Akhirnya dia jual produk TK.

Trus ditawarin produk TK ke aku, terus terang ngak langsung aku terima, maklum harganya jauuuh banget ama velk CHAMP. Kalo CHAMP kisaran dibawah Rp 400 ribuan satu set depan belakang. Sedangkan velk TK, Rp 800 ribuan . Tapi setelah 1 minggu mempertimbangkan, toh demi alasan kepuasan dan safety, akhirnya aku pake velk TK. (-_-)

Hasilnya, lumayan…. Secara umum/taksiran kasar ( karena aku ngak sempat mengukur dengan alat timbangan ) bobot pada roda belakang aku rasakan dengan membandingkan bobot roda ketika masih pake castwheel dan ketika telah diganti spokewheel ( velk jeruji ) bobotnya rada – rada mirip, mungkin karena pengaruh teromol belakang variasi dari VND yang cukup kokoh.

Namun bobot berkurang cukup signifikan pada roda depan, setelah menggunakan spokewheel, bobot terasa jauh lebih ringan. Hal ini juga terasa saat motor di pake riding, kemudi terasa lebih ringan dan relatif lebih gampang diajak manufer, meliuk menghidari lubang di jalan misalnya, responnya enteng.


Secara tampilan aku suka saat ini, ketika memakai spokewheel, tampilan motor lebih bling – bling di sektor kaki – kaki , maklum karena aku gunakan jeruji yang krom milik TDR, selain itu produk baru TDR telah disempurnakan lebih besar jerujinya, trus baut nipelnya lebih panjang serta ulir juga lebih panjang juga.  

Ok selengkapnya data modifikasi di sektor kaki – kaki adalah :
1) TEROMOL DEPAN & BELAKANG : Produk VND , krom finishing ( Rp 480.000 )
2) JERUJI : TDR Racing , krom finishing ( Rp 75.000 )
3) VELK : TK Japan , ukuran standar sesuai aslinya ring 14 inch, warna hitam ( Rp 790.000 )
4) BENGKEL PEMASANGAN : ABOBEN , Denpasar
Sementara segini dulu, nanti kalo ada waktu , ide dan tentunya uang lebih, aku masih ingin melakukan sedikit modifikasi lagi, di antaranya pasang saklar on / off lampu utama, tambah bel besar ( buat ngingetin pengendara yang selonong boy ) dan tambah volt meter untuk mantau kesehatan aki. 

Mudah – mudahan kesampaian.

Happy modification…keep safety on road ya (^_^)



2 komentar:

  1. klo motor kadang2 tarikanya aga menghambat apnya ea mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ya ?? Motor saya ngak pernah gitu tuh, sebagai informasi saya selalu pake pertamax. Sebenernya banyak faktor ya... coba deh komplain ke dealer AHASS terdekat, mudah mudahan mereka bisa bantu.

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day