Kamis, Januari 21, 2010

E Bisnis : Trend Bisnis Masa Kini dan Masa Depan

Menurut Wikipedia, pengertian dasar dari E Bisnis adalah :

Electronic Business, atau "E-business" dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet.

E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Semakin berkembangnya dunia internet di masa sekarang ini muncul juga istilah lain seperti E-Commerce dan E-Bisnis.

bisnis online

Apakah kedua istilah ini sama artinya ?

Sebenarnya kedua istilah tadi memiliki arti yang berbeda, E-Commerce merupakan bagian dari E-Bisnis. Jadi E-Bisnis memiliki artian yang lebih / sangat luas. Sementara E-Commerce mengacu kepada penggunaan internet untuk belanja online, seperti untuk belanja produk dan jasa. Contohnya terjadi ketika konsumen men-order tiket, buku atau hadiah, produk berwujud maupun tidak berwujud melalui internet. Jadi ada keterlibatan uang didalam proses tersebut.

Tapi E-Bisnis tidak semata-mata berupa uang. Kegiatan melakukan riset pasar, menentukan produk yang tepat baik dari sisi design maupun fungsi produk, menentukan target market, pembuatan website, memelihara loyalitas prospek sampai akhirnya terjadi penjualan yang diinginkan merupakan keseluruhan kegiatan dari E-Bisnis yang dilakukan oleh seorang Internet Marketer ( penjelasan sederhana dari saya ).

Nah kini pertanyaannya, apakah kita sebaiknya ikut menceburkan diri kedalam euforia trend Bisnis Online ini ?

Saya rasa saya harus menjawab YA ! Dan lagian jika kita mampu Kenapa Tidak ? Tidak ada salahnya kan, toh jika berhasil kita sendiri yang akan mendapat manfaatnya. Dan semua manfaat itu bisa kita pergunakan untuk mewujudkan impian-impian kita, membahagiakan orang-orang tercinta, Orang tua kita maupun istri dan anak-anak kita kelak :)

Seperti yang sering kali dikatakan oleh guru saya Anne Ahira dan beberapa sumber di luar sana bahwa alasan kita tidak dapat menolak untuk segera bergabung meramaikan kancah Bisnis On Line adalah :

1. Semakin hari pengguna Internet semakin banyak. Ini berarti "pasar" di Internet semakin hari semakin tidak terbatas! ( Jangan deh bicara dunia di Indonesia adalah pangsa pasar yang sangat luas )

2. Tidak ada 'krisis global' di dunia Internet Marketing. Yang terjadi adalah kebalikannya. Peluang usaha semakin banyak, dan bertambah setiap hari!

3. Internet Marketing atau bisnis online cukup dijalankan di rumah saja! Tidak kena macet, apalagi hujan-hujanan! ( Ini point yang paling saya sukai selain peluang berpenghasilan $$$ )

4. Saat Anda paham betul dan menguasai ilmu Internet Marketing, Anda bisa menjual APA SAJA, dan KE MANA SAJA, semau Anda... sesuka hati!

5. Di jaman sekarang, dan apalagi tahun-tahun mendatang, orang yang mampu menyatukan ILMU dengan TEKNOLOGI adalah mereka yang akan tampil sebagai pemenang. Mereka akan semakin maju dan semakin kaya!

6. Forrester Research memprediksi bahwa affiliate marketing spending di Amerika Serikat akan mencapai 4 milyar dollar pada tahun 2014, dan akan terjadi peningkatan rata-rata pertumbuhan tahunan gabungan (Compund Annual Growth Rate (CAGR)) sebesar 16% dari tahun 2009 hingga 2014. Sementara itu, penjualan eceran secara online di Amerika Serikat akan mencapai 229 milyar dollar pada tahun 2013. ( nah yang ini saya juga baru tahu :) he he he )

7. Forrester Research memprediksi bahwa net retail spending (belanja eceran bersih) dari shopping online di Eropa tahun 2006-2011 akan meningkat dari 102 milyar euro menjadi 263 milyar euro. ( wah kalo dikonfersi ke Rp berapa ya nol nya ?? )

Bagaimana ? tertarik ?

Eits tunggu dulu tapi apa anda sudah paham dan menguasai ilmunya ? Jika belum , hayo mari belajar bersama saya dan murid – murid lainnya se Indonesia di satu-satunya tempat terpercaya & terbaik untuk belajar Internet Marketing bersama Anne Ahira.

Dimana ? Ya disini , di www.AsianBrain.com

Daftar saja sekarang ! Gratis 1 Bulan Pertama.

Posted by AMK using Windows Live Writer

3 komentar:

  1. Sama - sama , hanya berbagi kebaikan seluas - luasnya, walau hanya berupa informasi ringan. Semoga bermanfaat & SUKSES untuk anda (^_^)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas pencerahannya
    semoga tips anda dapat kami terapkan
    pada bisnis online kami

    www.software-pendidikan.com

    Salam spirit bali

    Made Wibawa

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day