Sabtu, Desember 08, 2007

KESADARAN INDIVIDU TENTANG GLOBAL WARMING

Tulisan ini menyambung tulisan saya terdahulu tentang pertemuan akbar UNCCC 2007 di Bali .
Kali ini saya ingin menyampaikan bahwa kesadaran akan fenomena ini sangat penting di mulai dari individu kita masing – masing sebagai umat manusia . Kenapa saya sebut umat manusia ? karena yang saya bicarakan adalah BUMI bukan Bali , Indonesia bahkan Amerika atau China.
Jadi apa yang kita bisa lakukan :
  1. Klise ! … mungkin itu komentar Anda tapi saya menyarankan kita untuk benar – benar memperhitungkan jumlah energi yang kita pakai sehari – hari . Bensin , listrik dan lainnya.
  2. Matikan lampu atau peralatan yang menggunakan listrik bila tidak diperlukan atau digunakan . Gunakan lampu sesuai kapasitasnya dan besar ruangan kita .
  3. Jika dalam jarak dekat , pertimbangkan untuk bepergian dengan berjalan kaki , naik sepeda atau jika memungkinkan naik angkutan umum. Saya sebutkan memungkinkan karena untuk menciptakan atau menyediakan angkutan umum yang memadai bagi masyarakat diperlukan kerja sama pemerintah .
  4. Jika kita ingin punya kendaraan bermotor ( mobil / motor ) saya anjurkan untuk memiliki kendaraan yang kondisinya masih muda , jangan beli kendaraan tua yang kondisi mesinnya ngak karuan dan tentu teknologi emisi gas buangnya ngak memenuhi syarat lingkungan . Ini juga perlu peran pemerintah dalam bentuk peraturan perundangan .
  5. Jika udah punya kendaraan bermotor ( mobil / motor ) rawatlah kendaraan Anda , dengan kondisi mesin yang terawat maka emisi gas buangnya juga diharapkan tidak melampaui standar yang ditetapkan pemerintah.
  6. Hindari menggunakan bahan – bahan yang tidak mudah di urai oleh alam , seperti plastik , jadi untuk membersihkan plastik terkadang masih ada orang yang membakarnya daripada mendaur ulang kembali . Ingat asap pembakaran itu mengandung zat dan gas berbahaya bagi atmosfer kita.
  7. Mulailah berpikir untuk menanam pohon ! dimana aja jangan mulai dengan pohon yang besar , mulai aja dengan menanam satu tanaman dalam pot untuk satu orang , jika keluarga Anda terdiri dari 4 orang tiap orang punya satu tanaman yang wajib dia pelihara sendiri . Makin banyak jumlah anggota keluarga makin banyak jumlah tanamannya .
  8. Gunakan alat – alat elektronik atau mesin – mesin yang penggunaan energinya paling irit. Jadi sebelum memutuskan membeli sesuatu pahami kebutuhan Anda dan bandingkan dengan barang sejenis lainnya , mana yang konsumsi energinya paling irit . Terkadang harga belinya memang lebih mahal namun jika diperhitungkan lagi secara keseluruhan kita akan lebih untung .
  9. Ini memang sedikit sulit … tapi saya menghimbau bagi orang yang ingin membuat rumah , untuk memikirkan design rumahnya sebijaksana mungkin untuk meminimalisir penggunaan AC . Kita bisa melihat kejeniusan lokal yang ditinggalkan nenek moyang kita dalam membangun huniannya , jika saya berbicara di Bali , design bangunan Bali adalah pada umumnya berkonsep terbuka jarang bangunan tradisional itu tertutup secara penuh , pasti akan memiliki ruang – ruang terbuka sehingga sirkulasi udara sangat baik . Atap pun menggunakan bahan dari ilalang ( ambengan ) jadi ruangan di bawahnya akan sejuk di siang hari dan hangat di malam hari .

Itulah sebagian kecil , hal – hal yang bisa mulai kita lakukan untuk menyelamatkan Bumi kita ini , tidak menutup kemungkinan masih banyak yang bisa kita lakukan yang tidak / belum terpikirkan oleh saya saat ini . Saya dengan senang hati menerima masukan dari Anda .

Anda berpikir semua yang saya bilang itu hal sepele ??
Coba saja Anda lakukan , buktikan saja , jangan buktikan kepada saya atau kepada siapa – siapa , coba Anda buktikan kepada diri Anda sendiri dahulu , seberapa jauh Anda mampu melaksanakannya ….

Dari pada bicara tanpa hasil , mari mulai sekarang lakukan apa yang kita bisa .
Action lebih penting untuk saat ini dari pada teori yang muluk – muluk !
Salut buat Anda ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day