Kamis, Agustus 07, 2014

My Honda Vario Terbaru 2014 (Review)

Review pemakaian produk. Selama hampir 2 bulan pemakaian atas vario techno vario 125 2014 milikku ini ada beberapa hal yang mungkin bisa aku bagi kepada sesama pencinta Honda maupun calon pemilik honda vario keluaran terbaru 2014.

Diantaranya adalah:

1) Secara bentuk tidak ada yang berubah memang, namun untuk striping dan variasi warna saya rasa lebih banyak memberikan warna - warna yang elegan sehingga sangat sesuai dengan bodinya yang bongsor.

2) Kesan yang bikin aku senang dan tersenyum adalah... ternyata suara ngoroknya hilang coy!!
Mungkin inilah perbedaan mendasar dari honda vario keluaran terbaru 2014 dan keluaran sebelumnya. Ternyata pihak Honda tengsin / malu juga kalau suara ngorok di bagian mesin ini selalu menjadi sorotan konsumennya. Memang suara itu tidak mengganggu kinerja mesin, tapi cukup bikin orang noleh juga kalau kita sedang mendahului atau akselerasi. Rada risih sih di toleh orang dikira motor butut padahal motornya vario techno vario 125.

3) Tapi ada satu kekurangan design, akibat penerapan cbs ( Combi Brake System ) di semua produksi vario techno vario 125 tahun 2014 ini maka ada perubahan design tuas parking brake nya/ tuas rem parkir yang menjadi fitur unggulan motor-motor matik Honda.

Produksi 2014 ini tuasnya bentuknya "sangat" kecil sehingga tidak bisa kita memfungsikannya dengan satu tangan kiri saja, kali ini jika kita ingin mengaktifkannya maka tangan kiri harus menarik handle rem kiri lalu disusul tangan kanan menarik tuas rem parkir ke arah atas .... view sunguh sungguh merepotkan. Terus terang saya sangat suka dengan design dari tuas rem parkir vario techno vario 125 yang terdahulu.
Yang jika mengaktifkannya cukup menggunakan satu tangan kiri saja, bahkan bagi saya , saya bisa menggunakannya hanya dengan satu jari telunjuk kiri saja!
Well... ini kedepannya musti di design ulang lagi oleh pihak Honda demi kenyamanan konsumen Honda sendiri.

4) Satu hal lagi yang masih buat aku bingung adalah masalah kompresi mesin. Maklum karena tidak punya alat dan kemampuan untuk mengukur secara pasti, maka aku hanya menggunakan feeling/perasaan saja karena bisa dibandingkan dengan kondisi vario techno milikku terdahulu. Kebingungan ini muncul karena tabloid MotorPlus pernah menggulirkan isu adanya penurunan kompresi mesin atas vario techno vario 125 produksi 2014 ini, seperti diketahui vario techno sebelumnya kompresi mesinnya adalah 11.0 : 1, artinya paling juosss kalau kita pake pertamax, saya akui itu karena selama pake produksi pertama saya selalu kasi minum pertamax dari baru beli ampe detik terakhir terjual!

Tapi lain halnya vario techno vario 125 2014 ini, sempat aku isi pertamax, terasa malah nyendat - nyendat seperti mau "terbang" aja nie motor , kurang halus raihan powernya di putaran bawah, tapi kalo dipake ngebut/putaran atas emang nendang ! khas karakter mesin 125 Honda yang dahsyat. Trus terasa mesin itu kok panes banget, padahal dipakai jarak dekat.

Lain waktu aku "nekat" coba pakai premium, kali ini raihan power cenderung smooth/halus, selalu terisi di tiap putaran mesin, ngak ajrut-ajrut kaya kuda binal. Dipakai akselerasi masih relatif enak, yang penting putaran gas dirunut dengan baik ngejar klx standar mah gampang (^_^)
Suhu mesin juga terasa lebih adem...

Melihat hal ini aku berpikir, jangan-jangan "isu" yang sempat dihembuskan oleh MotorPlus adalah benar, pihak Honda memang dengan sengaja menurunkan rasio kompresi mesin akibat perilaku konsumen di tanah air yang pada males kasi minum pertamax varionya, maklum seperti sobat ketahui beda harga premium dan pertamax sangat jauh coy !
So...mungkin saja vario techno 125 fi kali ini artinya bisa pake premium tanpa masalah.
Ini memerlukan pihak ahli untuk menyelidiki lebih lanjut, atau pihak MotorPlus mau memperdalam lagi?


5) Oya satu lagi kalau kekurangan yang aku dapati pada unit motor vario techno 2014 milikku adalah, adanya kerenggangngan panel bodi depan dengan batok/reflektor lampu utama. Tidak terlalu masalah, tapi bagi orang yang memperhatikan detil seperti aku dan mempercayai kualitas barang Honda.... tentu ini menjadi masalah !
Mungkin bagian kontrol kualitas barang maupun mungkin bagian pengiriman yang bisa menimbulkan kerusakan ini?? entahlah tapi pihak Honda harus menjaga kualitas sekecil apapun itu.

Selama dua bulan pemakaian sementara cuma itu yang bisa aku bagi ke sobat bikers semua, semoga bisa menjadi acuan atau bahan pertimbangan sebelum meminang motor pujaan hati.

Salam satu hati...




8 komentar:

  1. J​o◦°˚ ˚°◦o​s gнàNd​°˚ ˚°◦o​s Gaи. Aйё rencana mau jual vartech 125 th 2012 aйё... karena 2hr ini aki nya tewas...

    BalasHapus
  2. Numpang nanya bli... Kalo pengen pasang lampu di kolong motor vario techno, bakalan ngerusak garansi ga ya? Dan ad tempat rekomen modif di nusa dua? Suksme

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara teknis kalau belum satu tahun umur motor sejak beli baru, saya rasa jika terjadi masalah kelistrikan dan ketahuan kelistrikannya dah diotak atik maka garansi akan gugur.

      Namun menurut saya pribadi kalau emang ngebet sekali ingin tampil beda silahkan aja di pasang lampu kolong, namun sedikit saran lampu tersebut diisi saklar terpisah sehingga tidak hidup disiang hari untuk mengurangi beban aki.

      Untuk bengkel motor di Nusa dua maaf ya bro Ariyanto saya kurang tahu.
      Salam..

      Hapus
    2. Thank you.. Nanya lg boleh ya... Pd dasarny garansi itu kan cuma bs d klaim kalo ada kesalahan pabrik kan? Kira2 dipake brp lama dulu baru ketauan ada cacat pabrik ya? Bengkel rekomendasi selain nusa dua gpp? Suksma

      Hapus
    3. Memang benar mas Ari, tapi kalo boleh dirunut permasalahannya akan jadi begini, jika bicara Honda mereka menetapkan garansi mesin selama 3 tahun atau 30.000 km. Jika selama masa itu mana yang tercapai lebih dulu ada masalah sekecil apapun yang menurut anda tidak normal terhadap mesin motor anda , maka silahkan diklaim ke pihak Honda.

      Nah jika selama masa garansi anda anda melakukan perubahan pada mesin motor anda sekecil apapun yang diluar ketentuan pabrik dan atau dilakukan mekanik diluar pihak Honda, besar kemungkinan jika ada masalah maka klaim garansi anda akan gugur. Bisa jadi secara sederhana pihak dealer menganggap perubahan yang kita lakukan adalah penyebab kerusakan itu ( bisa saja benar, atau modus ngeles pihak dealer). Kita kalah lah mas...

      Kita sebagai konsumen berhak klaim ke pihak dealer, jika ada sesuatu yg menurut kita tidak normal di motor yang kita beli atau pake. Nah biasanya jika ditemukan bahwa itu merupakan cacat pabrik selama masa garansi berlaku ( 3 tahun/30.000 km ) . Pengalaman saya pihak dealer sebesar Honda akan mengakui secara jantan bahwa itu berhak kita klaim. tanpa dipungut biaya. Begitu saya rasa mas, semoga membantu. Jika salah mohon dikoreksi....

      Hapus
    4. Oya...satu lagi , bengkel di Denpasar.... saya rasa boleh di coba Aboben di daerah Suci ya... Silahkan meluncur dan tanya - tanya dulu, biar yakin mereka bisa kerjakan apa ngak. Kalo untung langsung ketemu dan bicara ama big bosnya ... Koh Ayen....

      Hapus
  3. Bisa pasang foto motornya gak, dari samping kiri-kanan,, mau lihat beda strippingx klu kluaran dlu ada tulisan Vario Techno pgm fi-Helmet in 125, trus kalu kluaran skrg thun 2014 tulisan di cover bodyx cuman Vario Techno 125 doang,, aq jg baru beli kmaren tgl 5.. takutnya dealernya bawakan sya motor kluaran produksi lama,, pajang foto motorx gan,,mau cek kesamaan produk 2014 heeee

    BalasHapus
  4. Yang paling gampang untuk membedakan produk vario techno 2014 atau sebelumnya adalah , MEKANISME TUAS KUNCI REM TANGAN yang ada di area setang sebelah kiri bos.. kalo tuas rem parkirnya kecil seperti foto yang ada diatas berarti itu adalah sudah keluaran produksi 2014... dan satu lagi, suara ngoookk saat akselerasi udah ilang sama sekali... semoga membantu

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day