Sabtu, Agustus 09, 2008

TV RACUN DUNIA !

Belakangan ini aku perhatikan siaran acara di tv – tv swasta nasional itu semakin ngak karuan aja rasanya, banyak yang menjual mimpi dan manipulasi .
Aku suka di omeli ama istri , kalau pas lagi mood nonton tv dan aku yang pegang remotenya udah deh , aku tu ngak akan pernah betah panteng pada satu canel siaran , karena hampir semua acara pada hampir semua jam – jam siaran itu menampilkan acara – acara yang tidak berbobot.
Jelas lah mata istriku akan tuing – tuing ngeliat tuh canel hampir tiap beberapa saat akan berpindah – pindah kayak dagang kaki lima dikejar trantib …

Banyak sekali acara yang dibuat tidak tepat pada sasarannya, masak ada sinetron menceritakan anak – anak smp yang bercinta – cintaan ??!!@#$%$^&*
Dikehidupan ini banyak hal yang lebih penting daripada mencekoki pikiran generasi muda kita dengan pikiran bila gagal dalam urusan cinta merupakan akhir dari segala – galanya.
Ini sangat bahaya buat pendidikan mental dan obsesi dari generasi muda kita kelak.

Terus terang untuk menayangkan acara seperti tersebut memang merupakan hak yang punya tv, karena ini adalah bisnis , mereka akan menjual apa yang laku dijual.
Tapi diakui atau tidak penetrasi teknologi di negara kita lebih cepat dibandingkan dengan penetrasi kemajuan pendidikan dan wawasan para penduduknya.

Aku bayangkan , untuk menemui pesawat televisi itu di jaman sekarang sangatlah mudah , sampai kepelosok pelosok daerah maupun kalangan. Banyak anak – anak ( generasi muda kita ) menonton acara yang jelek tapi rating tinggi adalah anak anak atau orang yang kurang mantap latar belakang pendidikannya maupun latar belakang wawasannya , memang terkadang pada suatu acara tv itu ada kode BO ( bimbingan orang tua ) , tapi apa dikata kondisi tidak semuanya benar.
Gimana kalau orang tuanya sendiri pendidikan lebih rendah dari anaknya , okelah pendidikan tidak lebih rendah , tapi gimana jika si orang tua wawasannya tidak begitu baik , atau orang tua yang sibuk dan tidak bisa mendampingi anak – anak menonton suatu acara di tv ???
Ini membuat orang ( belakangan aku rasa tidak hanya anak anak saja , orang dewasa pun bisa ! ) yang menonton suatu acara di tv akan mencerna bulat – bulat segala yang disampaikan acara tersebut, tanpa berpikir panjang untuk memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk , tidak akan dibedakan lagi bahwa itu hanya disajikan hanya sekedar untuk hiburan saja , karena cenderung akan membuat orang tersebut mematok apa yang tersaji di tv adalah demikian seharusnya dalam kehidupan nyata !!
Inilah bahayanya !

Satu hal lagi , siaran tv yang menampilkan tokoh – tokohnya para selebritis itu , akan memberikan wabah TREND dikalangan penontonnya.
Ini bukti nyata , banyak orang akan meniru apapun yang disajikan oleh tokoh idolanya , baik dari gaya rambut, warna rambut, cara berbusana dan lain lain.
Melalui postingan ku ini aku ingin menyampaikan rasa kesalku kepada pihak pihak yang terlibat dalam penayangan suatu acara tv , karena mereka tidak memiliki tanggung jawab moral terhadap dampak – dampak yang mungkin atau dapat timbul seperti yang aku utarakan tadi di atas. Aku rasa mereka kurang peduli dalam memilih artis artisnya.
Contoh , di INDOSIAR pembawa acara suatu acara itu bergaya dan berbusana bagai wanita , padahal dari segi phisik dia itu laki – laki .
Aku itu tidak benci personalnya , silahkan dia hidup dengan pilihannya , tapi coba kita pikirkan bagaimana jika yang begitu itu menjadi gaya hidup anak – anak kita sekarang . Laki – lakinya menjadi kemayu , karena yang begitu dilihat top di tv ??
Kok karakter yang menyimpang itu dijadikan idola ??
Yang bener aja , aku sendiri kalau bisa ngak pengen anakku jadi banci ! Hidup tanpa jadi banci aja udah susah , apalagi jadi yang ngak bener ! Apa mau jadi the next Ryan ??

Itu dari segi pembawa acara nya , dari segi materi acara juga ngak penting menurutku .
Lomba lomba menjadi artis adalah menjual mimpi.

Satu lagi , ada acara di TRANS TV ( EXTRAVAGANSA ), bintang acaranya seorang wanita yang memakai tatto di tubuhnya .
Sekali lagi personalnya aku ngak masalah , itu pilihannya !
Coba bayangkan jika anda punya anak perempuan / adik perempuan, yang terlanjur menganggap itu keren dan huebat , trus men tatto tubuhnya agar seperti idolanya ??

Bisakah anda berpikir positif , terhadap seorang wanita yang memiliki tatto di tubuhnya ?
Maukah anda menjadikan wanita itu ibu dari anak – anak anda kelak ?
Gimana mau kasi contoh yang bener pada anak –anak kita kelak jika ibunya saja tatto-an ??!!

Inilah dampak – dampak yang tidak mau dipikirkan oleh pihak pihak dibalik layar, dengan alasan mengejar rating tinggi mengenyampingkan hal – hal yang saya sampaikan tadi.
Banyak hal yang perlu dan bisa disampaikan melalui kekuatan media tersebut , tanpa harus mengorbankan para penontonnya .
Jika hal ini terus berlanjut dan tidak ada pihak independen yang bisa mencegah atau berbuat , aku rasa media akan menjadi musuh no 1 dari masyarakat !!
Jadi hati hatilah terhadap apa yang kau lihat , dengar dan rasakan !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda, mungkin bisa menjadi bahan diskusi yang bermanfaat. Terima Kasih :-)

Yang Anda Cari ADA DI SINI ?

TAHUKAH ANDA ?!

This Day in History

Quote of the Day